ARB Anti Rollback Protection, kenapa HP Xiaomi saya mati total setelah downgrade dari MIUI 10?

ARB Anti Rollback Protection, kenapa HP Xiaomi saya mati total setelah downgrade dari MIUI 10?

A R B

Apa itu ARB..?? Ini bukan tentang tokoh p*lit*k....!

Baru-baru ini, Google melakukan perubahan nama pada fitur keamanan Android dan disebut dengan Google Play Protect serta melakukan banyak perubahan pada fitur keamanan mereka, terlebih dipembaruan Android Oreo yaitu Anti Roll Back Protection.

Roll back yang dimaksud dalam hal ini adalah proses downgrade pada sistem operasi Android Oreo. Bagi pengguna biasa yang tidak suka ngoprek atau pengguna yang belum terbiasa melakukan downgrade, mungkin bukan menjadi masalah besar, karena cukup melakukan update ROM atau cukup membiarkan sistem berjalan apa adanya. Tapi untuk mereka yang suka utak-utik hp, naik turun versi, ini akan menjadi hal yang krusial.

Sasaran utama dari Anti Roll Back Protection ini sendiri adalah untuk menjaga smartphone atau tablet phone tetap aman dari serangan malware ataupun virus atau apapun yang dapat menyerang sistem keamanan smartphone. Ketika update, biasanya developer akan menyertakan pembaruan patch untuk menambal celah dari sekuritas ponsel yang ada pada versi sebelumnya.

Jadi intinya, kita tidak lagi bisa menggunakan versi resmi Android dari OEM yang dirilis tahun lalu dan berharap mendapatkan patch keamanan terbaru yang ditambahkan didalamnya. Yang perlu dicatat adalah ketika kita melakukan downgrade atau menurunkan versi android ke versi sebelumnya, maka kita telah membuka diri terhadap serangan berbahaya dari luar, karena kita tidak lagi mendapatkan patch keamanan terbaru.

Fitur anti roll back protection ini telah dibenamkan kedalam proses Verified Boot dan fitur tersebut akan menggagalkan proses booting jika kita melakukan downgrade ke versi sebelumnya. Google menyadari bahwa ada banyak alasan mengapa pengguna smartphone gemar melakukan downgrade, oleh karena itu google memberikan cara untuk menonaktifkan proteksi ini sehingga kita dapat melakukan downgrade bila downgrade memang amat sangat diperlukan. (Sayangnya saya belum tau cara seperti apa yang diberikan oleh google untuk menonaktifkan fitur ini). Jadi jika ada yang melakukan downgrade, fitur anti roll back ini akan melakukan penghapusan recovery boot.img dan berakhir dengan munculnya boot logo, atau bahkan lebih fatal, berakhir dengan hardbrick (Mati Total).

Tinggalkan Komentar Anda

Beritahu saya tentang tindak lanjut komentar melalui email

Beritahu saya tentang posting baru melalui email

Captcha