Tentang pengendalian IMEI Blokir Ponsel BM dan Unlock SIM Carrier Ponsel dari luar negeri

Tentang pengendalian IMEI Blokir Ponsel BM dan Unlock SIM Carrier Ponsel dari luar negeri

Cek IMEI Anda sudah terdaftar dalam database kemenperin atau belum disini https://imei.kemenperin.go.id/


Baru-baru ini pemerintah menetapkan aturan blokir IMEI kepada pengguna ponsel BM atau ponsel yang dibeli dan dibawa langsung dari luar negeri tanpa pengurusan ijin pajak.

Peraturan tersebut sudah mulai diumumkan sejak tgl 18 April 2020 (sumber : https://www.kominfo.go.id/content/detail/24177/menkominfo-peraturan-imei-handphone-mulai-diberlakukan-18-april-2020/0/berita_satker) dan ditetapkan pada tgl 15 September 2020 (sumber : https://kominfo.go.id/content/detail/29415/siaran-pers-no-112hmkominfo092020-tentang-pemerintah-terapkan-pengendalian-imei-perangkat-telekomunikasi-berbasis-ceir/0/siaran_pers)


Lalu, apa bedanya BLOKIR IMEI yang ditetapkan Pemerintah dengan Unlock SIM Jaringan Luar negeri?

Sejak sebelum ada peraturan pemerintah tentang blokir IMEI ponsel BM atau ponsel yang dibeli dan dibawa langsung dari luar negeri tanpa pengurusan ijin pajak, kami sudah membuka jasa Unlock SIM Carrier HP luar negeri. Jadi Unlock SIM luar negeri bukanlah Jasa Buka Blokir IMEI atau Jasa titip bayar pajak untuk pengurusan perpajakan yang ditetapkan pemerintah saat ini.

Artinya, jika Anda membeli ponsel dari luar negeri selain Unlock SIM carrier, Anda juga harus mengurus pajaknya ke beacukai.

Atau, Jika Anda membeli ponsel dari luar negeri yang statusnya sudah UNLOCKED (diluar negeri sudah diunlock sebelumnya dan bisa menggunakan kartu SIM GSM disemua negara, maka Anda tetap TIDAK bisa menggunakannya di Indonesia (jika Anda belum membayar pajak biaya masuk perijinan ponsel tersebut) untuk proses ijin pajak Anda bisa urus sendiri disini : https://www.beacukai.go.id/register-imei.html


Namun ada beberapa pengecualian yang telah diinfokan pemerintah, contohnya :

1. Ponsel yang sudah pernah aktif di Indonesia sejak sebelum April 2020 dan tetap aktif digunakan, maka IMEI perangkat tersebut akan terdaftar otomatis dan akan mendapatkan SMS dari Kominfo bahwa IMEI Anda telah terdaftar tanpa perlu membayar pajak. (namun mungkin untuk ponsel flagship akan tetap ada yang terkena filter meskipun sudah pernah aktif sebelum april 2020)

2. Bagi turis / WNA yang datang ke indnesia dan hanya tinggal sementara bisa tetap menggunakan kartu Indonesia dengan menggunakan layanan international roaming dan aturan ini tidak berlaku untuk perangkat laptop. Sumber : https://kominfo.go.id/content/detail/22696/siaran-pers-no-206-hmkominfo112019-tentang-lindungi-masyarakat-pemerintah-terapkan-pengendalian-imei-perangkat-telekomunikasi/0/siaran_pers

Namun beberapa customer mengatakan jika menggunakan kartu Smartfren masih bisa terdaftar jaringannya (kami belum pernah mencoba secara langsung) informasi ini kami dapatkan dari beberapa customer yang telah melakukan unlock SIM jaringan Luar Negeri dan mencoba menggunakan kartu Smartfren.


Jadi, jika Anda ingin Unlock SIM jaringan luar negeri, pastikan dulu apakah perangkat Anda sudah pernah aktif sebelum April 2020 atau tidak, jika sudah pernah artinya posisi aman untuk melakukan Unlock SIM Jaringan Luar Negeri karena nanti secara otomatis imei sudah terdaftar pada database kemenperin, namun tidak menutup kemungkinan akan diblokir juga jika tidak membayar pajak. (ada beberapa "informasi dari customer kami" Anda bisa mencoba komplain ke operator misalnya dulu sebelum April 2020 pernah menggunakan SIM Telkomsel, Anda bisa mencoba telp ke CS Telkomsel atau mendatangi kantor GraPARI telkomsel untuk pengurusannya. (solusi ini biasanya untuk kasus HP Relocked, dulunya sudah pernah di Software Unlock (SU) namun saat ada pembaruan OS ponsel jadi ke lock lagi) maka dalam kasus ini kemungkinan besar bisa di Unlock SIM Jaringan Luar Negeri secara permanent, dengan layanan FACTORY UNLOCK (FU) yang kami miliki dan bisa langsung terdaftar jaringannya.

Namun, jika Anda baru saja membeli atau membawa Ponsel dari luar negeri (BAIK YANG SUDAH UNLOCKED ATAU YANG BELUM UNLOCK / SIM MASIH TERKUNCI) Anda tetap harus mengurus pajak untuk bisa menggunakan kartu SIM operator Indonesia.

Artinya jika anda membawa langsung atau (membeli secara online via ebay, amazon, dll) ponsel yang sudah UNLOCKED, maka Anda cukup hanya dengan pengurusan pajak saja, namun jika perangkat masih dalam posisi LOCK / SIMLOCK Jaringan Luar Negeri Anda harus MEMBUKA KUNCI JARINGAN DAHULU dan MEMBAYAR PAJAK SETELAHNYA.


Sekian informasi singkat dari kami, mudah-mudahan penjelasan diatas bisa dimengerti.

Terima kasih

Tinggalkan Komentar Anda

Beritahu saya tentang tindak lanjut komentar melalui email

Beritahu saya tentang posting baru melalui email

Captcha